Skip to main content

Kanata no Astra (Astra Lost in space)



Kanata No  Astra, anime yang tak terpikirkan akan masuk ke dalam watchlist.

Judul         : Kanata no Astra – Astra lost in space
Episode     : 12
Studio        : Lerche
Premiered : Summer 2019

    Kanata no Astra berlatar pada tahun 2063, bercerita tentang sebuah grub sekolah berangotakan 9 orang (tim B-5) yang akan melakukan perjalanan ke luar angkasa yaitu ke planet Mcpa. Namun ketika sampai di planet tersebut, mereka malah tersedot lubang cacing yang tiba-tiba muncul. Hal itu menyebabkan mereka seketika berpindah ke ruang angkasa.

Untung saja, tepat di dekat mereka yang terapung di luar angkasa, ada sebuah pesawat luar angkasa yang tidak memiliki awak . Berkat pesawat itu, mereka mulai mendapat harapan untuk kembali pulang dan perjalanan mengitari luar angkasa pun di mulai.

Apa yang menarik dari Kanata no Astra? 
Anime dengan latar luar angkara? 
Palingan hanya anime romance komedi yang berlatar luar angkasa yang palingan polanya sama, dan tidak jauh dari fanservise memuakkan. 
Itulah yang saya pikirkan saat melihat posternya pertama kali. Bahkan kalau dipikir-pikir, saya bahkan tidak pernah meliriknya sedikit pun saat melihat daftar anime terbaru saat itu.

Hingga, suatu ketika saya melihat postingan di sebuah IG info tentang anime, mereka memberikan cuplikan scene Kanata no Astra ketika momen Zack dan Quitterie yang cukup menggelitik. Seketika saya kepikiran untuk mencoba menontonnya hanya demi melihat pasangan yang satu itu.

Namun, siapa sangka jika akhirnya saya menyelesaikan animenya dalam satu malam?!

Ya, ternyata Kanata no Astra memiliki kisah yang cukup asik untuk diikuti. Walau sebenarnya, konflik yang ada di anime ini bisa saja membuat animenya menjadi anime dengan tema yang berat, tetapi di sini malah disajikan dengan cara yang sederhana dan menyenangkan (mmenurut saya).

Setiap karakter dikenalkan dengan baik, tidak ada karakter yang bertindak terlalu berlebihan di sini. tipikal anime ringan yang tidak menambah beban pikiran bagi penontonnya. Tetapi, plot twist yang dihadirkan cukup menarik dan membuat penonton terus penasaran pada akhir kisahnya. Bahkan, saya yang terbiasa dengan cerita penuh konflik dan konspirasi dibuat berpikiran yang tidak-tidak dengan episode akhirnya. Namun nyatanya, semua diakhirnya dengan begitu manis.

Sekali lagi saya katakan, anime ini memiliki cerita yang ringan tapi tidak membuat bosan.
Karakter yang paling saya sukai di sini tidak ada. Ya, semuanya punya porsi yang sama bagi saya. Tidak ada yang terlalu membuat terpukau ataupun yang terlalu membuat saya benci. Jika memang harus memilih, mungkin saya akan pilih Kanata. Tentu saja, dia si tokoh utama.
Hal yang membuat saya cukup menyukainya adalah sosok pemimpin yang ia tunjukan mampu membuat saya cukup tergerak. Ia tidak terlalu polos ataupun tidak terlalu OP layaknya tokoh utama dari anime-anime kebanyakan. Sosok pemimpin yang tidak salah untuk dijadikan pemimpin #apadeh

Kekurangan dari anime ini adalah konflik yang harusnya menjadi sangat besar diselesaikan dengan cara yang amat sederhana dan semua rencana berjalan dengan sangat mudah tanpa halangan yang berarti. Rasanya cukup sayang dengan segala plot tiwst yang diceritakan jika hanya dipakai dengan cara yang biasa.

Skor: 8/10

Karakter:

1. Hoshijima Kanata VA Hosoya Yoshimasa
Seorang pemuda yang memiliki fisik yang terlatih sebagai seorang atlet, namun ia bercita-cita menjelajahi ruang angkasa. Di awal perjalanannya bersama tim B-5, ia yang paling bersemangat dan dengan penuh percaya diri mencalonkan diri sebagai ketua atau kapten.

2.   Raffaeli Quitterie VA Kurosawa Tomoyo 
Ia adalah gadis yang memiliki cita-cita menjadi seorang dokter. Selama perjalanan tim B-5 pun, ia bertugas sebagai tim medis.

3. Spring Aries VA Minase Inori
Seorang gadis manis yang memiliki tujuan yaitu dapat berteman dengan semua anggota tim B-5. Ia memiliki ingatan yang sangat kuat pada hal apapun yang ia lihat atau ia baca.

4. Zweig Ulgar VA Uchiyama Kouki
Sasuke-nya Kanata no Astra. Ia memiiki sifat yang tertutup. Selalu menyendiri dan memiliki ucapan yang tajam. Ia ahli dalam menembak.

5.  Lu Yunhua VA Hayami Saori
Gadis pendiam yang tidak memiliki kepercayaan diri, namun sebenarnya ia memiliki suara yang sangat merdu. Ia bercita-cita menjadi seorang penyanyi tetapi ibunya ingin agar ia tidak menjadi orang yang mencolok.

6. Espocito Luca VA Matsuda Risae
Orang yang supel dan mampu berteman dengan siapapun, Ia ahli dalam menciptakan berbagai alat seperti senjata untuk berburu.

7. Lacroix Charce VA Shimazaki Nobunaga 
Lelaki yang bagaikan pangeran tampan nan baik hati. Ia sangat menyukai biologi dan sangat bahagia jika dapat bertemu dengan hewan-hewan baru di luar angkasa. Ia juga ahli dalam hal mengolah makanan dan lumayan tau banyak hal tentang tumbuhan ataupun hewan.

8. Zack Walker VA Takeuchi Shunsuke
Walau masih pelajar SMA, Zack sudah memiliki SIM untuk mengendarai pesawat luar angkasa. Selama di perjalanan, ia merupakan pilotnya. Ia adalah teman masa kecil Quitterie dan memiliki IQ yang tinggi.

9. Raffaeli Funicia VA Kino Hina
Ia merupakan adik angkat Quitterie. Ia dapat berbicara layaknya orang dewasa jika menggunakan boneka tangannya. Ia merupakan anggota termuda di tim B-5. Awalnya ia ikut bergabung ke dalam grub karena ia dijadikan sebagai objek tugas tim B-5. Mereka diwajibkan membawa Funi ke mcpa dan kembali pulang dengan selamat.

10. Livinskaya Polina
Gadis yang ditemukan oleh tim B-5 di planet Icriss. Ia merupakan penjelajah luar angkasa yang bertugas menemukan planet baru untuk mengganti planet bumi yang sedang dalam bahaya. Namun pesawat yang ia dan timnya tumpangi malah rusak dan terdampar di Icriss. Suatu ketika teman-temannya pergi untuk menjelajah planet tersebut tetapi tidak kembali. Ia pun memutuskan masuk ke dalam tabung hibernasi dan tertidur selama 12 tahun hingga dibagunkan oleh tim B-5 dan ikut pulang bersama mereka.


1.      

Comments

Popular posts from this blog

Fakta 'Ciel Phantomhive' Black butler

Beberapa waktu yang lalu saya dibuat tertarik oleh sebuah status di akun fesbuk yang menyatakan bahwa, “ Ciel Phantomhive sejak awal telah meninggal dunia dan yang mengikat kontrak dengan Sebastian Michaelis bukanlah Ciel melainkan saudara kembar Ciel ” Hal tersebut sontak membuat saya  shock dan benar-benar tak mempercayainya, bagaimana mungkin? Tahu darimana? Rasanya tidak ada pengungkapan hal tersebut di komiknya ataupun anime, tapi setelah dijelaskan sumbernya, saya baru menyadarinya. MEMANG tidak dijelaskan secara gamblang, tapi dijelaskan dengan cara yang sangat lihai oleh Yana Toboso-sensei. YA! DIJELASKAN SECARA TIDAK LANGSUNG dan kalau TIDAK TELITI dan KRITIS ketika membacanya pasti akan terkecoh dan mengabaikannya. Saya termasuk orang yang mengabaikannya, soalnya saya terbiasa membaca komik sederhana yang tidak terlalu memiliki banyak misteri, saya tak menyangka kalau Kuroshitsuji/Black Butler memiliki 'misteri dalam misteri' seperti ini hingga saya menjadi

Nobar One Piece

Jadi, ceritanya Padang lagi dapat tempat hiburan baru sejenis bioskop. Dan kehadian bioskop yang satu ini bikin  wibu  Sumbar bersorak gembira karena akhirnya kami bisa nonton movie  Anime  di bioskop. Ga perlu lagi gigit jari liatin orang-orang dari kota lain pamerin tiket nonton. Hal yang juga membahagiakan adalah ketika movie One Piece terbaru masih ditayangkan. Sehingga, komunitas One Piece di Padang ditawarkan untuk mengadakan   nobar .  Salah satunya adalah Kopi-RP (komunitas one piece Indonesia- regional padang). Tetapi karena anggota aktif kami tidak cukup untuk memenuhkan satu studio, akhirnya nobar tersebut dibuka untuk umum. Awalnya agak pesimis bakal bisa ngumpulin 101 orang untuk diajak nonton, ternyata hanya dalam 2 hari, tiketnya habis. Ternyata banyak peminatnya, bahkan ada OpLovers yang datang dari Bukittinggi dan Payakumbuh. Ga sia-sia sih selama ini menutup mata dan telinga dari segala spoiler yang meraja lela. Akhirnya bisa nonton langsung d

Balada Anak Tunggal: Lagu Baperan

“Eh, kamu anak tunggal? Waaaaah….. nggak nyangka, enak banget tuh!” “Cieee anak tunggal, pasti dimanja!” “Anak tunggal? Enaknyaaaaaaaa” Rata-rata saat saya bilang kalau saya anak tunggal, tanggapannya pasti gitu. Iya sih, enak banget jadi anak tunggal, semua perhatian dan kasih sayang orangtua cuma buat kita seorang. Minta apapun dibeliin, dan yang pasti nggak ada yang namanya barang kita dirusak atau dipinjem adik/kakak. Tapi mereka nggak tahu aja sih, kalau tiap mereka cerita tentang kakak cowok yang bikin mereka kesal sekaligus merasa terlindungi atau tentang adik masing-masing, saya adalah pihak yang hanya mendengarkan dan merespon seadanya tanpa bisa bilang, “I know that feel cz my brother blab la bla…” dan ikutan cerita kayak mereka juga. Hal itu nggak bakal pernah terjadi. Tapi lupakan masalah itu, sebab untuk kali ini saya mau bilang bahwa beberapa minggu ini lagi kepincut sama sebuah lagu, lagu minang tepatnya. Judulnya ‘nasib diri’ yang dipopulerkan oleh P