Skip to main content

Fakta 'Ciel Phantomhive' Black butler


Beberapa waktu yang lalu saya dibuat tertarik oleh sebuah status di akun fesbuk yang menyatakan bahwa, “Ciel Phantomhive sejak awal telah meninggal dunia dan yang mengikat kontrak dengan Sebastian Michaelis bukanlah Ciel melainkan saudara kembar Ciel

Hal tersebut sontak membuat saya shock dan benar-benar tak mempercayainya, bagaimana mungkin? Tahu darimana? Rasanya tidak ada pengungkapan hal tersebut di komiknya ataupun anime, tapi setelah dijelaskan sumbernya, saya baru menyadarinya. MEMANG tidak dijelaskan secara gamblang, tapi dijelaskan dengan cara yang sangat lihai oleh Yana Toboso-sensei. YA! DIJELASKAN SECARA TIDAK LANGSUNG dan kalau TIDAK TELITI dan KRITIS ketika membacanya pasti akan terkecoh dan mengabaikannya.

Saya termasuk orang yang mengabaikannya, soalnya saya terbiasa membaca komik sederhana yang tidak terlalu memiliki banyak misteri, saya tak menyangka kalau Kuroshitsuji/Black Butler memiliki 'misteri dalam misteri' seperti ini hingga saya menjadi lengah dan menganggap hal yang saya sadari sedikit ganjil sebagai hal yang biasa, mungkin ada kesalahan biasa, pikir saya.

Tapi sekarang mata dan pikiran saya telah terbuka, sekarang saya percaya (90%) bahwa Vincent Phantomhive memiliki dua orang putra, Ciel Phantomhive si anak sulung dan kembarannya.

YA! CIEL PHANTOMHIVE BUKANLAH ANAK TUNGGAL, DIA MEMILIKI KEMBARAN.

Inilah bukti yang saya dapat setelah menganalisisnya sendiri.

Vincent Phantomhive memiliki dua orang putra kembar.
1. Ciel Phantomhive. Anak sulung yang sehat, ceria dan pintar bersosialisasi.
2. ____ Phantomhive. dia anak yang sejak kecil/sejak lahir memiliki tubuh yang lemah dan jarang diajak ke pesta untuk bersosialisasi.

Buktinya:
1)  Anime Kuroshitsuji: Book Of Circus 
       Ketika Kelvin bertemu dengan ayah Ciel, Vincent Phantomhive untuk pertamakalinya. 
      Perhatikan gambar 1!
gambar 1

      Pada gambar 1, terlihat Vincent Phantomhive yang berdiri di tengah anak kembarnya, ada dua anak di kiri dan kanannya.

      Perhatikan Gambar 2!
gambar 2

Pada gambar 2, terlihat Vincent memperkenalkan putranya pada Kelvin. Terlihat anak pertama menatap tamu ayahnya dengan wajah tenang dan memperkenalkan diri sebagai "Ciel Phantomhive" dengan sangat ramah. Setelah itu, Kelvin melirik anak kedua, di sebelah satunya.


      gambar di atas terlihat anak yang satu lagi tidak berani memperkenalkan diri, dia terlihat sangat malu dan bersembunyi dibalik tubuh ayahnya, dan seketika ayahnya bilang kalau anaknya yang satu itu pemalu dan memiliki tubuh yang lemah karena penyakitnya, sehingga jarang diajak ke berbagai tempat.  Jadiiiii nggak mungkin dong kalau Ciel jadi seperti punya kepribadian ganda seperti itu, awalnya dengan penuh percaya diri memperkenalkan diri, lalu tiba-tiba berubah jadi malu-malu meong seperti itu.
     
      Kemudian, setelah perkenalan,  Ciel melihat  Chlaus dan berlari ke arahnya, diikuti Vincent dan anak satunya lagi dan terjadilah percakapan yang dulu saya pikir tidak terlalu penting tapi ternyata SANGAT penting.

Chlaus:  "Hari ini Bersama mereka,  jarang sekali"

Vincent: "Dia  Memaksa ikut dengan kami walau masih rapuh dengan penyakitnya."

 dari percakapan tersebut, Chlaus bertanya tumben Vincent pergi bersama kedua anaknya, karena biasanya lebih sering hanya bersama satu anaknya. Chlaus berkata "minna to" yang berarti "mereka juga." Hal itu sesuai dengan pernyataan Vincent saat memperkenalkan anaknya  dengan mengatakan bahwa kembaran Ciel jarang diajak keluar karena lemah dengan  penyakitnya.

 Perhatikan Gambar 3!
gambar 3


Pada gambar 3. Kelvin mengatakan "Mereka bertiga". 
Awalnya saya mengira yang dimaksud adalah Vincent, Ciel dan Chlaus karena hanya menampilkan mereka bertiga, tapi ternyata maksudnya adalah Vincent, Ciel, dan kembaran Ciel (yang kemungkinan sedang berdiri di bawah. Lebih masuk akal karna rasanya aneh aja si Kelvin terpesona sama Chlaus. wahahhahahaah. terjawab sudah!!

 Perhatikan gambar 4 dan 5
gambar 4

Pada gambar 4, terlihat Ciel yang ditelentangkan di atas altar lalu di tusuk bagian perutnya. Sebelum ditusuk, Ciel melihat dan menggapai ke arah Ciel lain yang masih di dalam jeruji. Ciel yang satu lagi juga menggapai ke arahnya, terlihat dia belum menekan kontrak dengan iblis, dia juga berteriak "Hentikan!"
gambar 5


Pada gambar 5, terlihat Ciel yang ditusuk memuntahkan darah. Setelah Ciel dikorbankan, mereka berlanjut ke arah kembaran yang satu lagi. namun dengan dikorbankannya Ciel, telah dapat memanggil iblis dan akhirnya si bungsu yang mengikat kontrak dengan iblis tersebut.

2) Kemudian terdapat pada komik Vol. XIII Chapter 62. (Gambar 6)

gambar 6


Pada gambar 6, terlihat ciel mengikat kontrak  dengan Sebastian ketika masih di dalam jeruji. Saat itu Ciel tidak mendapat luka tusukan ataupun mulut yang penuh darah. 

tapi bisa jadi kalau yang di anime dibuat sedikit berbeda dengan yang di komik, namun coba perhatikan bukti ke 3!

3) Komik Vol. XX chapter 95 (gambar 7 dan 8).
gambar 7

Pada Vol. XX, terlihat ciel yang berhalusinasi dan teringat masa lalunya. terlihat di gambar 7, Ciel mengikat kontrak di dalam jeruji dan tidak ada bekas darah di mulut ataupun perut. Berarti Ciel belum dibawa ke altar, jika pun setelah mengikat kontrak baru dibawa ke altar, hal itu TIDAK MUNGKIN. Sebastian tidak akan membiarkan Ciel ditusuk begitu saja.
gambar 8

Kemudian pada gambar 8, terlihat sosok Ciel yang mulut dan tubuh penuh darah. Seperti sosoknya di anime. Saat itu sosok Ciel yang berdarah, berkata:

 "Kenapa ingin balas dendam?"
"Menggunakan
 kekuatan yang kau dapatkan dengan mengorbankanku?"
"kau ingin dimaafkan
 olehku?"

Awalnya saya mengira sosok itu adalah sosok Ciel di masa lalu yang mulai menyalahkan diri sendiri yang telah mengikat kontrak dengan iblis. Namun sekarang saya paham, keganjilannya.

Perhatikan:
"......kekuatan yang kau dapatkan dengan mengorbankanku?" = maksudnya kekuatan dari iblis (Sebastian) yang telah dipanggil setelah Ciel terbunuh di atas altar pengorbanan.

"......dimaafkan olehku?" = bukan oleh diri sendiri, melainkan oleh Ciel yang lain yang telah dikorbankan untuk memanggil iblis.

4) selain pada anime dan komik, juga terdapat bukti terselip pada drama musikalnya (Kuromyu 2014: Lycoris that Blazes the Earth).

    Terdapat pada menit awal, terlihat Ciel yang berada dalam jeruji dan bernyanyi, dalam liriknya terdapat:

 "Otou-sama, Oka-sama, kami-sama, Naze? Doushite? Bokutachi ga?"
"Ayah, ibu, tuhan, kenapa? Mengapa? kami?

"Bokutachi" berarti bukan hanya dia tapi juga ada orang lain dan tidak mungkin jika yang dimaksud adalah anak-anak lain yang bernasib sama dengannya. Kemungkinan besar adalah Ciel yang lain.

5) keganjilan lain. Ciel Phantomhive yang kita kenal memiliki penyakit asma yang telah ada sejak dia kecil (ada di anime book of circus episode 5). 

Padahal di episode 8, dikatakan bahwa yang memiliki penyakit sejak kecil adalah 'Ciel yang pemalu', sedangkan yang memperkenalkan diri sebagai Ciel phantomhive terlihat sangat sehat dan ceria. Namun mengapa setelah mengikat kontrak, Ciel malah mempunyai riwayat penyakit asma?  Bahkan dia berhalusinasi tentang kejadian masa kecil saat madam Red merawatnya ketika asmanya kambuh. Berarti dia memang sudah memiliki riwayat penyakit asma sejak kecil.

6) komik vol. 19 dan pada chapter 90 juga terlihat jelas bahwa ada 2 Ciel.




Perhatikan gambar di atas, awalnya, saya mengira bahwa Ciel berteman dan saling menyemangati dengan teman senasibnya, tapi itu salah, sebenarnya Ciel sedang menenangkan kembarannya. Lihatlah ekspresinya ketika mengatakan "don't worry" berbeda dengan ciel yang merasa takut bernasib seperti mereka yang mati.
Lalu ketika Ciel yang asli dibawa untuk dikorbankan, pegangan tangan mereka terpisah dan ya, terlihatlah adanya 2 orang Ciel :3 btw Ciel yang aslilah yang dibawa alias si sulung.


NAAAH!!! Mari kita tarik sebuah kesimpulan! (sebenarnya masih banyak bukti lain yang mulai terungkap pada komik terbarunya, tapi tidak saya tuliskan di sini)

1. Ciel Phantomhive bukanlah anak tunggal! dia memiliki saudara kembar.
2. Ciel Phantomhive telah meninggal dunia karena dikorbankan sebagai tumbal pemanggil iblis (sebastian) dengan luka tusukan di perut, sehingga kembarannyalah yang mengikat kotrak dengan Sebastian Michaelis.
3. Kembar yang selamat, menyatakan diri sebagai Ciel Phantomhive padahal itu TIDAK MUNGKIN karena Ciel yang asli tidak memiliki riwayat penyakit asma, sementara Ciel yang kita tahu memiliki riwayat penyakit asma sejak kecil. Bisa saja hal ini ia lakukan agar dia dipercaya sebagai pewaris tunggal Phanthomhive karena jika dia mengaku sebagai dirinya yang asli, kemungkinan besar, dia tidak dipercaya dapat memimpin bisnis keluarga karena kondisinya yang lemah. Lagi pula, orang-orang hanya mengenal Ciel ( si sulung)sebab hanya Ciel yang selalu diajak ke pesta- pesta untuk bersosialisasi.

Jadi... Bagaimana menurutmu?







Comments

  1. Aku beneran tertarik sama tulisan yang diposting agan. Awalnya aku juga bingung. Dulu pas ngcek ciel di wikia, statusnya deceased. Tapi pas barusan lagi ternyata statusnya alive. Yang aku masih bingung itu adalah: jadi sebenarnya orang2 jahat yang itu yang manggil sebastian atau ciel yang pemalu yang manggil sebastian? Thanx infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciel yang asli yang manggil sebastian. #dugaannyagitu


      jadi, tuan asli sebastian itu bukan ciel yg kita kenal.
      btw sosok sang kembaran telah kembali masa.... jadi takut kalau dia jahatin ciel yg kita kenal :( *spoiler*

      Delete
    2. SPOILER BAGI YANG BELUM NONTON, SAYA TURUT PRIHATIN KALAU NGGAK SENGAJA KEBACA XD....Di wikia, semua bilang Ciel Phantomhive udah mati karena mungkin season 2 dia memang begitu. Walau season 2 dibilang non-canon tapi season 3 (Book of Circus) sebenernya terjadi sebelum tragedi Alois Trancy. Disitupun "Ciel" yang kita tau memang punya penyakit asma.....
      Tapi "kalau
      memang Ciel ini bukan Ciel, mungkin Elizabeth Midford yang sebagai teman kecil dan saudara keluarga Phantomhive dan Tanaka sebagai pelayan setia Phantomhive ini nggak curiga sama sekali? Ya itupun kalau dilihat dari sisi realistisnya, semirip apapun "Ciel" ini dan "Ciel" itu, pasti seseorang bakal sadar yang mana yang beneran Ciel.
      Apa daya, fans cuma bisa bertanya sampai Yana Tobosonya capek dengernya XD

      Delete
    3. Lizzy sudah sering merasa aneh. pertama ketika mereka kembali bertemu setelah kebakaran, ciel memanggilnya Elizabeth, bukannya Lizzy.

      kedua, saat mereka merayakan paskah, Lizzy bilang kalau mereka sering merayakannya berdua (kalau ga salah, saya lupa) dan Ciel mengiyakan, padahal nyatanya saat itu Lizzy berbohong.

      Ketiga, sebasu mengatakan kalau ciel pembohong saat bilang kalau namanya ciel.

      keempat, undertaker tidak pernah memanggilnya ciel. bisa jadi, karena undertaker mengetahui yang sebenarnya.

      kelima, komik versi raw sudah beredar dan di sana terlihat kalau ciel yang asli dibangkitkan lagi. (bagian ini paling mengkhawatirkan). tapi saya cuma mengikuti versi cetak, jadi belm bisa komentar banyak

      Delete
    4. Aku sempat berfokus pada stage play Musikal mereka, dan mulai curiga dengan lirik sebuah lagu yang dinyanyikan di awal musikal yang berjudul "Lyrcoris That Blazes the Earth" Mungkin bagi yang sudah pernah nonton dan bahkan memperhatikan, akan curiga dengan penyebutan "Kenapa Kami?" di lagu "Despair, Beyond Despair ". Lagu tersebut menggambarkan penderitaan dan pertanyaan Ciel tentang "Mengapa dia mendapat nasib buruk"(Adegan ini adalah adegan dimana pertama kali Ciel bertemu Sebastian berarti adegan penjara), mungkin kita mengira bahwa "Ciel" menyanyikannya untuk orang ketiga, "tuhan" atau Sebastian. Tapi setelah dengar dia memanggil "Otou-sama, okaa-sama" kita bisa tau kalau dia "Bernyanyi" kepada ibu dan ayahnya. Kalau saja dia bernyanyi kepada orang ketiga dan menyebutkan "Kenapa kami" mungkin kita berpikir "Kami"(Bokutachi) yang digambarkan Ciel adalah "Dia, ayah dan ibunya" tapi lagu tersebut dinyanyikan Ciel kepada ayah dan ibunya, "LALU SIAPA KAMI DISINI?". "Berarti ada orang yang sama menderitanya dengan 'Ciel' kita ini, tapi siapa?".
      Karena musikal - musikal ini merupakan musikal yang official dan bisa dikatakan cukup dan mungkin sangat setia dengan plot manga, jadi teori diatas bisa masuk kedalam daftar Konspirasi Dua Ciel tapi aku sendiri juga belum bisa berkomentar terlalu banyak.

      Delete
    5. Sebagai informasi saja. Kenyataan tentang ciel yg kembar sudah ada di komik black butler vol. 26

      Semua sudah jelas sekarang. Bahkan telah terjadi hal yag amat sangat mengejutkan

      Delete
  2. Nice info. Sebelumnya pernah baca jg tentang teori keberadaan ciel. Ada yang nyebut penjelasan diatas twin/double ciel theory, sebelumnya ada teori lain tentang ciel, tapi penjelasannya kurang menyakinkan. Yang paling pas dan masuk akal yang twin ciel theory, buktinya kelihatan banget di bagian noah circus sama pas di desanya sullivan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya kan...
      tapi pada akhirnya kembaran ciel beneran muncul loh...
      jadi penasarm sama komik terbarunya ihihihihi *spoiler ga sih?*

      Delete
  3. Akhirnya Chapter 130 keluarrr dan yeaaah teori ini ternyata konfirm benar! Ada rasa sedih... what will happen to Our!Ciel yaa? :") Poor kid....... Gak sabar nunggu chapter berikutnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, itu! apa yg akan terjadi pada ciel? semoga saja dia tidak tersingkir karena kehadiran 'dia' yg asli huhuhuhu

      Delete
  4. Saya rasa masih ada kelanjutannya di tahun 2018 ini ,benarkah feeling saya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja yaaaa saya pengen banget nonton lanjutannya.

      Delete
  5. Bukannya ciel yang asli sudah mati?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. sudah mati. dan ada spoiler yg bilang kalau dia dibangkitkan lagi

      Delete
  6. Kan ciel yang asli udah mati terus kok bisa hidup lagi? Apa ada kaitannya sama chapter yang nyeritain 'sphere music hall' ya saya baca di forum lain "katanya" masih bersangkutan sama itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ga mengikuti komik online, jadi belum tahu sampai situ. tapi menurut kabar, di komik versi raw, ciel dibangkitkan lagi dan muncul di hadapan ciel.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  7. Apa mungkin real Ciel itu emang udah mati,tapi mayat nya diidupin lg sama Undertaker,waktu di sphere music hall lizzy pernah bilang ke real ciel " maaf karna aku tidak bisa menolongmu" jadi mungkin Real ciel memang sebenernya udah mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kemungkinan besarnya. tapi saya ga mau ambil pusing dulu, soalnya ga ngikutin komik online. nunggu yang versi cetal soalnya wkwkwk

      Delete
  8. Terus, nanti sebastian mati gak ya?

    ReplyDelete
  9. Aku pernah baca web kalo ciel dirubah jadi iblis sama hannah dan alvois, biar sebastian ga makan jiwa ciel. Bener gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu cerita ending anime season 2 dan ga canon.
      Di komik, karakter alois dkk itu ga ada.

      Delete
  10. saat saya cek dengan teliti saat nonton ulang black butler book of circus dan benar ada 2 Ciel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baxa komik black butler vol. 26 terbitan elex media.
      Di sana sudah terungkap semuanya

      Delete
  11. Alhamdulillah udah ga penasaran "Kenapa gitu?", "Ko bisa ya?", "Eh kan harusnya (blablabla)", dan Sebastian tetep ganteng mau gimana-gimana juga hemmmm :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkw mau ciel ada dua pun, sebastian tetap aja ganteng yah

      Delete
  12. Liat tanggal komen y yg paling akhir tgl 27 08 2018 komen tentang ciel itu anak kembar...tpi itu d jelasin d vol 26 dan aku baru dapat komik vol 26 hari ini d tahun 2019 yg menceritakan kisah di balik layar black butler...sebenar y klo yg d jepang sana sudah vol berapa sih?kok spoiler y dah jauh bnget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya hanya teori fans aja kok, belum pasti. Hanya bisa melihat dari beberapa keganjilan yg ada tapi ternyata official.
      Kalau untuk komiknya kayaknya sekarang ga beda jauh kok, palingan beda 1 atau 2 vol. Aja (mungkin, soalnya aku ga ngikutin komik online-nya).

      Delete
  13. Kk nonton yg the book of circus ny di mana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anime coba cari di animekompi atau semacamnya. Semoga linknya blm pada mati

      Delete
  14. Jadi makin sukak sama ciel deh... Eh btw phamtomhive itu nama yg dibuat di cerita atau ada pke nama keluarga asli??

    ReplyDelete
  15. Strongly agree with you

    ReplyDelete
  16. aku mau nanya dong hehe.boleh kn ya?
    jadi selama ini yg kita tonton itu ciel yg palsu?
    nah, tpi sebagian orang udh pada tau tpi kyk ga mau ngasih tau gitu?
    tpi pas aku liat versi komiknya si ciel itu ngejadiin kembarannya tumbal buat manggil sebastian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang selama ini kita kenal, sebenarnya namanya bukan Ciel, dia adik kembaran ciel yang asli. Dari yang saya lihat, yang tahu hanya Sebastian dan Undertaker. Lalu Lizzy yang agak curiga namun selalu berharap kalau kecurigaannya salah.
      Lalu, Ciel yang kita tahu sekarang, tidak menjadikan kembarannya tumbal secara, semua hanya kebetulan saat pemanggilan dilakukan, pengorbanan ciel asli (si sulung) berhasil memanggil Sebastian.

      Menurutku Ciel yang kita tahu selama ini sengaja mengaku sebagai kakaknya, agar ia lebih gampang menguatkan posisinya sebagai kepala keluarga saat kembali nanti. Sebab, tahta Phantomhive akan diwariskan pada Ciel (si sulung), Ciel juga sudah dikenal banyak orang, berbeda dengan si bungsu yang jarang berinteraksi dengan orang banyak. #CMIIW

      Delete
  17. kalo menurutku aku sih ya..
    jadi selama 3 tahun itu 'ciel' yg asli itu diidupin sm undertaker dan setiap ciel pergi ke tokonya si undertaker kan ciel selalu duduk di salah satu peti mati gitu trs di dlm petinya itu ada 'ciel' yg lgi dihidupkan kembali sm si undertaker

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. semua sudah terungkap di komik vol. 28

      Delete
  18. Komiknya yg vol. 26 itu kira2 chapter berapa ya klo do komik online?

    ReplyDelete
  19. Apakah season 4 bakal dirilis?

    Kalo iya gw bakalan rela nungguin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku blm dpt info anime barunya.
      Tapi aku juga akan sangat menantikannya,

      Delete
    2. Klo misalnya anime kuroshitsuji dilanjutkan s4 knp eps terakhir s1 sebas mau ngambil jiwa ciel? Kan itu artinya dendam dia udah terbalaskan

      Delete
  20. Klk mau baca komil online ny gimn carany dri dulu g bisa, pdhl pen bgt bca

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. aku belum pernah baca online, tapi coba cari di myreadingmanga atau mangago. jgn lupa pake vpn bukanya. semoga ada

      Delete
  21. Jadi sebenernya ciel yg kita kenal ini baik ato jahat min?
    Aku gak rela kalo nanti tokoh utamanya diambil sama yg asli.. huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciel yg kita kenal sekrg protagonis utamanya. Sebastian juga milik ciel yg kita kenal, jdi tenang saja ;)

      Delete
  22. Bentar bentar, pusing aku teh :( Jadi tuan asli Sebastian itu siapa? :( Kalo emang tuan asli Sebastian itu Ciel yang udah mati, kenapa Sebastian mau melayani si kembaran Ciel? :(

    Aku gak ngikutin komiknya, nonton animenya juga baru tahun kemaren sampe sekarang ngerasa penasaran banget, greget banget sama hal-hal ganjil di anime itu:( Dan pas nyari informasi ternyata emang diluar dugaan banget hiks.

    Terus Undertaker itu "sebenernya" siapa? Kenapa dia ngidupin lagi Ciel yang udah mati? :( Atuh ya telat banget aku :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuan asli Sebastian itu Ciel yang palsu, yang punya asma, alias adiknya Ciel yang asli. Nah, Sebastian bisa jadi pelayan Ciel palsu karena dianggap Sebas dia ngorbanin saudaranya sendiri. Tapi sebenarnya bukan ya, mereka 'kan diculik buat jd korban pemujaan setan. Kedua anak phantomhive ini sama-sama korban.

      NAHHHH INI NIH SI BUYUT SATU NGESELIN BGT WKWK. Ini masih "fan theory" alias belum canon ya. Banyak yg berspekulasi kalo Undertaker ini bisa jd merupakan bagian dari "Phantomhive" inti. Bisa jadi dia kakek Ciel alias suami Claudia Phantomhive (nenek kandung kedua phantomhive bersaudara). Sekali lagi ini hanya "FAN THEORY".

      Saya lupa ini siapa yg bilang, antara shinigami jerman/shinigami inggris (Grell, Othello) bahwa shinigami dulunya manusia. Ini tambah meyakinkan. Jadi dugaan saya, R. Phantomhive suami Claudia berubah jadi shinigami dengan alasan bisa memanipulasi jiwa manusia. Dia kan sayang banget tuh sama "Phantomhive Family" sampai menangis saat melihat foto alm. Vincent Phantomhive. Di masa lalu gagal hidupin Vincent jadi bizzare doll karna jasadnya habis jadi abu. Dia gk mau kehilangan siapapun lagi, jd membangkitkan Ciel asli kembali selagi jasadnya masih ada.

      Delete
    2. Owalah gitu tahh.. Jadi si Undertaker ini juga masih misterius wkwk.. Ngeselin banget sih, aku tuh hampir suka sama dia tapi karena bingung dia itu baik atau jahat jadi gajadi suka :v

      Terus kan di manga nya aku baca dikit di online (terjemah Inggris karena nyari yang terjemah indo susah) si Ciel asli udah hidup lagi ya. Terus kayak semuanya mihak ke si Ciel asli, kasian banget sih Ciel palsu waktu itu:( sampe diusir dari rumahnya sendiri:( padahal kan ya meskipun selama ini dia pake identitas kakaknya tapi yang paling banyak berjasa sama kerajaan itu kan si Ciel palsu:( eh malah langsung pada menghakimi sampe terusir gitu:( tapi yang bikin terharu itu para pelayannya yang setia sama Ciel palsu:(

      Untungnya koneksi dia pas masih jadi anjing ratu banyak, jadi ada yang bisa ditumpangin:(

      Lah aku malah spoiler wkwk :v aku baca dikit sih soalnya terjemah Inggris wkwk ga paham :v

      Btw makasi, kak, informasi sama penjelasannya 😁😁

      Delete
  23. Aku bisa nanya nggk. Aku barusan nonton animenya, skrg udah season 2 episod 3. Yg aku hairan itu Ciel nggk kenal sama Grell sedangkan Sebastian kenal sama dia. Bisa nanya kenapa nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingetku, di season 2 Anime, posisi Ciel sudah terhapus ingatannya karena "dihidupkan kembali" sama Sebastian (Sebastian nggak jadi makan jiwa Ciel di season 1). Kebanyakan fans luar menolak adanya plot season 2 karena berantakan. Tapi untuk filler dan iseng sih why not. Kondisi dia disaat itu dia percaya kalau Madam Red masih hidup. Dia nggak ingat kejadian Madam Red dan Grell. Seluruh pelayan Phantomhive termasuk pangeran Soma, Agni, Lau, & Ran-Mao sudah "berjanji" untuk akting seakan-akan Madam Red masih hidup. Tapi itu kenapa Sebastian masih ingat Grell sedangkan Ciel enggak.

      Delete
  24. Fandom Kuroshitsuji di Indonesia rame atau sepi, ya? Aku ke gramed bulan lalu dan komiknya cuma ada vol. 28, itu pun cuma ada sekitar belasan yang ada di rak display. Nomor2 lainnya nggak ada. Jadi terpaksa beli komiknya second online :'( Kenapa nggak kayak komik2 lainnya ; Detektif Conan, Naruto, Boruto, InuYasha dll yang masih tersedia volum2 lainnya di rak display.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang minat sama komik legendaris ini kok XD cuman gak di restock sama Elex saja. Makanya yuk ajak teman-teman hype Kuroshitsuji/Black Butler! siapa tahu bisa di terbitkan versi book paper 😍 syukur-syukur juga digarap lagi animenya untuk S4 AMINNN😆

      Delete
    2. Padahal udah pernah dicetak ulang, taoi ttp kehabisan. Jdi bisa dibilang fandom kuroshitsuji itu banyak dan setia kali yah wkkwwk

      Delete
  25. ga nyangka sih kalo ceritanya bakal se-rumit ini, makin ketagihan ama kuroshitsuji😭

    ReplyDelete
  26. Tunggu tunggu, lalu bagaimana dengan elizabeth? Dia menyukai ciel yang asli bukan? Lalu dia tidak tahu kalau itu adalah kembaran ciel. Kenapa aku malah kasihan kalau elizabeth telah melakukan beberapa kenangan dengan kembaran ciel, aku ingin tahu reaksi elizabeth.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ke Ciel yang asli deh, soalnya klo sm Ciel yg kita kenal skrng pasti gk mungkin. why?? bcause Ciel kan udh jual jiwanya ke Sebastian jadi percuma dong kalo Lizzy nikah sama Ciel yg kita kenal ini, kalo tujuannya Ciel yang skrng ini udh tercapai jiwanya bkl di mkn sm iblis...tapi ini menurut ku lho ya..

      Delete
  27. KK mau nanya. Kalau baca komiknya online kaga ada bhs Indonesia nya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Bantu jawab wkwk.. Kalo aku pernah ngubek2 sih ga dapet yang bahasa Indonesia, mentok2 dapet bahasa Inggris itu juga enggak dari awal :v

      Atau mungkin akunya aja yang kurang pandai berselancar jadinya ga dapet :v tapi aku udah bersyukur pas nemu yang bahasa Inggris juga soalnya ya daripada ga ada kan :v lumayan agak ngerti juga kalo basing meski dikit :v

      Delete
  28. Bang terus gimana ceritanya kok tau taunya mereka berdua bisa ada di penangkaran padahal kan keluarganya keluarga penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Izin jawab... sepahamnya aku yg di anime itu, kan keluarga Phantomhive di serang... lah anak"nya itu kemungkinan dijual ama yg nyerang terus dibeli ama salah satu anggota pemuja iblis itu... cmiiw

      Delete
  29. Menurutku tu nama asli ciel yg kita kenal namany tuh keknya earl soalnya si ciel yg kita tau itu dipanggil earl sama cowok yg rambutnya putih panjang terus juga kalo namany di satuin kan sama ciel dibaca ciyeru dan earl dibaca eyaru jadi itu ajasih menurutku 😌😌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku Earl itu nama depan 🤔 jadi namanya tu Earl Ciel Phantomhive... aku juga penasaran ama nama asli Ciel tokoh utamanya hehe :")

      Delete
    2. Izin menjelaskan. Untuk nama asli main chara selama ini pun aku masih nggak tau tapi untuk pengertian "Earl". Earl (pada umumnya) itu bukan nama melainkan gelar kebangsawanan Eropa hampir setara dengan Count, diberikan kepada orang-orang yang mewakili pemimpin kerajaan untuk memimpin suatu wilayah kecil bagian dari kerajaan tersebut atas nama pemerintah tertinggi (Raja/Ratu). Wilayah mana yang keluarga Phantomhive wakilkan? Mungkin masih abu-abu, tapi keluarga Phantomhive punya banyak relasi di 'dunia bawah' Inggris, jadi kita asumsikan dia memang bisa dipanggil "Earl" karena itu. Gelar ini juga di pakai oleh 2 pelayan direct (Sekretariat) Ratu Victoria yaitu Earl Charles Grey dan Earl Charles Phipps (Double Charles) dan sebagai kepala keluarga Phantomhive (Siapapun itu secara turun temurun) juga adalah pelayan Ratu. Jadi Ciel manapun yang (umpamanya) selamat, akan menjadi Earl Phantomhive menggantikan ayah mereka.

      Delete
  30. Itu ciel dibaca ciyeru ama earl dibaca eyaru krn orang jepang kebanyakan bahasa inggris nya jelek lebih tepatnya org Jepang susah ngomong bahasa inggris

    ReplyDelete
  31. Nah gw juga ingat Kalo ngak Salah Kan di animenya itu ada makam ciel Kan, jadi makam itu ngak berisi donk, terus yg asli Kan muncul di komik nya yg di bilang dihidupin oleh undertaker, dan ada juga saat cile asli mengusir ciel palsu kemungkinan untuk melindungi ciel palsu soalnya dihidupin lagi itu pasti ada kontrak atau hal tabu yg ngak boleh dilakukan kemungkinan menurut aku ciel asli itu ingin lindungi yg ciel palsu dari seseorang karna ngak mungkin Kan ciel asli mengusir adik nya, Kan juga udah di liat tuh saat ciel bilang "don't worry" yg artinya jangan takut ngak mungkin lah Dia ngusir ciel palsu gitu aja apa lagi ciel palsu sakit sakitan kan. Jadi gitulah menurut aku. Terus waktu Elizabeth di dekat makam ciel kemungkinan sebenar nya Elizabeth udah sadar dari dulu itu bukan ciel yg asli soalnya udah di jelassin oleh author. Nah kesimpulannya ciel asli dihidupin tapi Dia ngusir yg ciel palsu karna ingin melindungi Dan saat Dia mati Dia Kan mau but kontrak lalu kontrak itu terbatalkan jadi bukan berarti itu Sebastian mungkin saja Salah satu iblis yg lain Dan Elizabeth sudah menyadari kalau ciel itu bukan ciel yg asli karna panggil an dan lain lain truss Di anime nya juga ada waktu ciel palsu itu Marah karna cincinnya hancur Gara Gara Elizabeth dab setau Elizabeth ciel ngak pernah Marah Marah nah balek ke cin cin ada tuh waktu animenya ciel yg asli penuh darah Megang cin cin itu lah yg di ambil oleh ciel palsu sebagai kenangan lalu waktu malam hari Dia merabanya karna kangen Sama yg ciel asli Dan ngak mungkin Kan Dia Megang dua cin cin keluarga, nah karna cin cin yg satu lagi diwaris Kan untuk yg asli yaitu cin cin permata sedangkan yg emas untuk yg palsu. Sebenarnya masih banyak yg mau di bilang tapi sampe sini aja lah capek aku bye

    ReplyDelete
  32. Mau banget tanya dongg, kalau baca komik online nya linknya dimana boleh kasih tauyah makasih bngtt

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, aku kurang tau kalau baca komik online

      Delete
  33. Kak mau tanya, kalau ver. Anime nya itu udah nyampe season berapa? Aku baru nemu season 1 doang:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Animenya 2 Season. (Season 2 ceritany ariginal, tidak mengikuti cerita di komik)
      lalu dilanjut seri book of circus dan book of murder (ini mengikuti seri komik dengan judul arc yg sama). Trus juga ada movie Book of the Atlantic (ini juga mengikuti komiknya).

      jadi, kalau mau mengikuti Black Butler dengan cerita ori, cukup sampe season 1. yang season 2 anggap alternatif ending aja hahahahah

      Delete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Diriku ini nggak terlalu mengerti

    ReplyDelete
  36. Eee sebenernya ini di luar teory sih tapi,gw mo nanya nih kan di S1 Ciel(yg katanya kembaran Ciel) itu dah mati karna jiwanya dah di ambil/di makan ma sebastian tuh. Nah pertannyaan ku.. CIEL YG KITA KENAL UDAH MATI BENERAN?! ATO CUMA MIMPI ATO GMN?! ಠಗಠ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciel yang kita kenal selama ini, nama aslinya bukan Ciel. Dia adalah kembaran Ciel yang asli (ciel asli ini harusnya sudah meninggal karena menjadi persembahan untuk memanggil sebastian) tetapi Undertaker menghidupkannya lagi.

      Delete
    2. biar gampangnya. Ciel yang selama ini kita ikutin (MC sebenarnya) itu masih hidup dan sehat wal'afiat hingga komik terakhir rilis. wkwkkw
      walau kedudukannya lagi terancam karena zombie kembarannya *ups maaf jika spoiler*

      Delete
  37. Setelah membaca berbagai teori, saya juga jadi berteori sendiri pas di movie book Atlantic, kan ada tuh flashback pas Lizzy liat kembaran Ciel balik (balik dari ngilang yg mungkin Ciel asli sama kembarannya lagi di dalam persembahan itu entah apalah namanya), jadi kan Lizzy liat Ciel (kembaran) udah pake penutup mata plus jadi pendekan dia ketimbang Lizzy, ya aku pikir itu juga salah satu clue bahwa Ciel yg kita kenal emg si kembaran, bukan yang asli. Atau mungkin tinggi badan itu ga ngaruh ya :"u soalnya agak aneh juga liat Lizzy jadi ngerasa aneh cuma karena perbedaan tinggi badan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin 'ciel' yang kita kenal ini badannya emang lebih kecil dari ciel yg tunangan lizzy, makanya dia ngerasa ciel yang kembali itu seperti menyusut wkwkwwk

      Delete
  38. Setelah baca manganya, NGESELIN asli ama si undertaker tuh.. kasian dede kecil yg gemes sampe d usir :" padahal dia sakit"an dia keliatan sehat dan cerdas bahkan pake identitas kakaknya utk pengganti kepala keluarga sama jalanin banyak pekerjaan. Menurut teori saya, di manga ciel yg asli bilang udah menantikan persaingan antar saudara itu apa mungkin dari dlu dia ga suka ama adeknya (?) tapi umur segitu mereka polos sama ga pernah pisah dan sebenernya ciel yg asli ga suka d tinggalin. Entah kakaknya baik ato jahat, semoga kakaknya ga benci ama adeknya dan yakin ada alasan d balik. Mau tanya soal apa hubungan antara undertaker ama phantomhive family sehingga undertaker menghidupkan ciel yg asli seolah manusia asli ga kaya zombie lain, ciel berhutang budi ama dia tapi takutnya dia manipulatif ato manfaatin ciel. Nah pas undertaker lg d tempat temennya vincent, dia nangis pas liat foto tsb. Kalo undertaker emng sayang ama phantomhive family harusnya dedenya ga sampe d usir. Bahkan kalungnya undertaker yg d pegang ama ciel yg palsu itu ada rambut milik neneknya. Ga sabar chapter berikutnya makin kepo 😤

    ReplyDelete
  39. untuk sekarang ada kabar terbarunya ga aku bru bc smpai chapter 211 untuk baca eps lanjut nya baca dimna ? gimana dengan kabar snake?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Nobar One Piece

Jadi, ceritanya Padang lagi dapat tempat hiburan baru sejenis bioskop. Dan kehadian bioskop yang satu ini bikin  wibu  Sumbar bersorak gembira karena akhirnya kami bisa nonton movie  Anime  di bioskop. Ga perlu lagi gigit jari liatin orang-orang dari kota lain pamerin tiket nonton. Hal yang juga membahagiakan adalah ketika movie One Piece terbaru masih ditayangkan. Sehingga, komunitas One Piece di Padang ditawarkan untuk mengadakan   nobar .  Salah satunya adalah Kopi-RP (komunitas one piece Indonesia- regional padang). Tetapi karena anggota aktif kami tidak cukup untuk memenuhkan satu studio, akhirnya nobar tersebut dibuka untuk umum. Awalnya agak pesimis bakal bisa ngumpulin 101 orang untuk diajak nonton, ternyata hanya dalam 2 hari, tiketnya habis. Ternyata banyak peminatnya, bahkan ada OpLovers yang datang dari Bukittinggi dan Payakumbuh. Ga sia-sia sih selama ini menutup mata dan telinga dari segala spoiler yang meraja lela. Akhirnya bisa nonton langsung d

Balada Anak Tunggal: Lagu Baperan

“Eh, kamu anak tunggal? Waaaaah….. nggak nyangka, enak banget tuh!” “Cieee anak tunggal, pasti dimanja!” “Anak tunggal? Enaknyaaaaaaaa” Rata-rata saat saya bilang kalau saya anak tunggal, tanggapannya pasti gitu. Iya sih, enak banget jadi anak tunggal, semua perhatian dan kasih sayang orangtua cuma buat kita seorang. Minta apapun dibeliin, dan yang pasti nggak ada yang namanya barang kita dirusak atau dipinjem adik/kakak. Tapi mereka nggak tahu aja sih, kalau tiap mereka cerita tentang kakak cowok yang bikin mereka kesal sekaligus merasa terlindungi atau tentang adik masing-masing, saya adalah pihak yang hanya mendengarkan dan merespon seadanya tanpa bisa bilang, “I know that feel cz my brother blab la bla…” dan ikutan cerita kayak mereka juga. Hal itu nggak bakal pernah terjadi. Tapi lupakan masalah itu, sebab untuk kali ini saya mau bilang bahwa beberapa minggu ini lagi kepincut sama sebuah lagu, lagu minang tepatnya. Judulnya ‘nasib diri’ yang dipopulerkan oleh P