Skip to main content

Onmyoji Mobile RPG: Shikigami Rare (R) yang Harus Kamu Pertahankan!


Sama halnya dengan game RPG lain, Onmyoji juga memiliki hero (atau di sini disebut Shikigami) yang dibedakan dalam 4 golongan; SSR, SR, R, dan N. Shikigami paling disukai tentu saja SSR, namun karena dapetinnya dibutuhkan banyak perjuangan dan keberuntungan, kita bisa mempercayakan SR sebagai shikigami andalan. Ada banyak Shikigami SR yang nggak kalah hebat dari yang SSR kok, contohnya Ubume yang masih menjadi andalan untuk dijadikan DPS bagi mereka yang belum memiliki SSR tipe DPS.
Selain SR juga ada R. Shikigami tingkat ini biasanya dianggap remeh. Tapi jangan pernah menganggap remeh 5 Shikigami R ini!

1. Shouzu


INFO
ATK : S
HP: A
DEF: A
SPD: S
Crit: B

Kalau kalian ingin survive lama dalam PvP atau Duel dan belum memiliki Shikigami SSR yang bisa nge-defend seperti Ichimokuren, kalian bisa mengandalkan Shouzu. Bahkan mereka yang level atas pun terkadang masih menggunakan Shikigami yang satu ini.

Salah satu skill-nya yang paling bagus adalah Skill 3 – Water Sircuit. Dia akan membuat tim terkoneksi satu sama lain (seperti ada tali yang saling menyambungkan gitu), lalu ketika salah satu dari mereka terkena Damage, maka Damage-nya akan terbagi sehingga ga bakal bikin shikigami yang diserang langsung sekarat.

Kemudian, HP teman setimnya akan dipulihkan/ restore hingga 5% setiap kali turn.

Jika ingin mengandalkan Shouzu, kalian harus menjadikannya EVO dan meningkatkan semua skill-nya hingga makasimal, terutama skill 3. Soalnya, kalau skill tiga tidak dijadikan ke level max, sambungan koneksi Shouzu hanya bertahan dalam 1 kali turn dan itu bakal boros orb, sebab sekali skill 3, butuh 3 orbs. Nah, kalau skill 3 sudah level 2, koneksinya akan bertahan hingga 2 turn, kalau level 3, baru kalian bisa nge-restore HP teman setim hingga 5%

Shouzu sangat cocok jika dipasangkan dengan Ubume dan Inugami. Jika salah satu di Attack, maka otomatis semuanya kena, maka skill pasif Onugami akan aktif dan membalas serangan tersebut dan skill pasif Ubume juga akan aktif dan kalian bisa spam Hit ke lawan.

Kemudian, kalian harus fokus meningkatkan SPD dan HP Shouzu agar ia lebih kuat dan tahan lama(?)

Soul yang saya sarankan adalah tipe soul DEF.
Kalau saya sendiri menggunakan 4 Jizo Statue dan 2 HP



2.  Chocho

INFO
ATK: B
HP: A
DEF: A
SPD: S
Crit: B


Kalian butuh healer dalam tim? Mungkin Chocho dapat menjadi pilihan yang cukup bagus. Dan saya termasuk salah satu orang yang mengandalkan Chocho sebagai healer dalam tim.

Skill 3 Chocho dapat menghilangkan controlling effects (Freez, sleep, confuse, taunt, silence, bound, morph, daze, dan provocation)  satu ally/teman yang kita pilih, lalu memulihkan HP-nya hingga 30%, dan selama tiga turn, HP mereka akan dipulihkan 30% danri max HP dalam setiap kali turn.

Bisa ngilangin effect control dan nambah HP? Kurang kece apa lagi coba?!

Jika kalian meningkatkan Skill 3 hingga level 5, HP yang dipulihkan bisa mencapai 36% dari max HP. Lalu ditambah dengan 4 Tree Spirit Soul yang akan menambah 20% healing HP setiap kali kita nge-heal!

Untuk Skill 2, jika kalian tingkatkan hingga level 5, maka SPD Chocho akan meningkat hingga 10 jika slah satu temannya m=kehilangan 20% HP mereka. Jadi, kalau teman kalian baru saja kehilangan 20% HP mereka, giliran kalian akan lebih cepat dan dengan segera nge-heal teman kalian itu.

BTW jangan lupa nge-EVO Chocho ya!
Untuk soul, saya sarankan adalah kalian fokus ke HP sebab Chocho harus terus bertahan agar teman-temannya juga dapat bertahan.
Saya menyarankan 4 Tree Spirit dan 2 soul yang meningkatkan HP.



Tapi jujur, sepertinya tidak banyak pemain yang menggunakan Chocho sebagai Healer, soalnya ada Momo (SR), Kusa (R), dan Hana (SSR) yang juga bisa menjadi pilihan. Tapi tetap, Chocho masih menjadi andalan saya, yah kecuali Hana yang saya miliki semua levelnya sudah maksimal, mungkin saya akan coba beralih. Tapi bukan berarti membuang Chocho. Duh, dia itu penyelamat dalam tim saya sejak  pertama bermain.

Namun sayangnya, Chocho hanya dapat memulihkan satu teman dalam satu kali turn.

Untuk skin, saya ga suka skin EVO-nya makanya saya langsung beli skin-nya di shop yang amat sangat bagus.


3. Yamausagi



INFO:

ATK: A
HP: B
DEF: B
SPD: S
Crit: A

Sama seperti Shouzu yang masih saja menjadi andalan mereka yang level atas, Yamausagi juga amat-sangat berguna dalam tim. Terutama Skill 2-nya.
Kalau sudah mendapat lawan yang memiliki Yamausagi dengan maksimal SPD, dijamin ngeselin!

Skill 2 Yamausagi dapat meningkatkan move bar teman kalian 30% dan bertahan dalam 2 turn.
Jadi, kalau seandainya dia menggunakan skill 2, maka yang harusnya kemudian giliran kalian, eh malah teman-temannya yang berderet-deret mendapat giliran member serangan. Belum apa-apa, kita udah dihajar habis-habisan. Kurang ngeselin apa coba?

Tapi jujur, saya ga menggunakan Yamausagi, soalnya  ga tau harus gantiin dia sama siapa, posisi yang lain udah pas sih wkwwkwk
Tapi tetap, saya menyimpannya, mempersiapkannya hingga semua skill menjadi level maksimal dan memilihkan soul yang bagus, sehingga suatu saat ketiak dia sudah sangat kuat, saya akan menggunakannya dalam beberapa kesempatan #cieelah
Maklum, Yamausagi saya masih cetek.

Untuk Yamausagi, saya sarankan agar kalian fokus ke SPD. Untuk soul, gunakan Fortune Cat atau mix aja macam-macam soul yang bisa meningkatkan SPD-nya.
Ingat! SPD dan HP. Dia bakal nyebelin banget!

Fortune Cat



4. Kusa
Kalau dulu, namanya Hotarugusa, tapi entah mengapa diganti menjadi Kusa.


INFO:
ATK: A
HP: A
DEF: A
SPD: B
Crit: S

Kusa termasuk Shikigami tipe support/ Healer yang banyak menjadi pilihan ketika tidak memiliki healer SSR. Mungkin dia lebih sering digunakan ketimbang Chocho. Tetapi jujur, saya kurang menyukainya. Mungkin karena sudah terlanjur jatuh cinta sama Chocho.

Skill 3 Kusa dapat mengembalikan HP dari semua teman 87% ATK-nya dan memberi mereka fotosintesis yang berlangsung 2 putaran, memulihkan HP mereka sebesar 22% ATKnya pada setiap giliran.

Berbeda dengan Chocho, Kusa dapat nge-heal semua teman sekaligus.

Skill pasif Kusa, setiap diserang, ia dapat memulihkan 15% Hp dari ATK-nya.

Skill 1 dapat mencuri HP lawan sebanyak 30% dari ATK-nya (CMIIW)

Satu hal yang membuat saya berpikir untuk menggunakannya adalah, dia memang dapat menjadi healer yang bagus tetapi dia tidak dapat menetralkan control effect seperti yang dilakukan Chocho.

Untuk Soul, saya melihat banyak pemain yang menggunakan 4 set Scarlet (dapat meningkatkan ATK kusa demi meningkatkan skill 1 dan lagi jika dia diserang, dia akan membalasnya dan HP-nya pun juga akan kembali bertambah).
Scarlet


Selain 4 set Scarlet, kalian juga dapat menggunakan Tree Spirit untuk meningkatkan bonus healing.

Sama dengan tipe support yang lain, kalian harus fokus pada HP-nya.

Kusa memiliki banyak model skin yang dapat dibeli di shop dan semuanya memiliki keimutan yang berbeda-beda.


5. Zashiki Warashi


Untuk Zashiki, saya udah ga punya karena beberapa hari yang lalu saya Shrine demi mendapatkan daruma G5, jadi ga bisa memberikan info lebih tentang Zashiki, hanya saja Shikigami yang satu ini menjadi favorit banyak pemain ketika mereka membutuhkan banyak orbs tetapi tidak memiliki Kaguya (SSR) yang dapat memberikan banyak orbs. 
Azure Bazan

Selain itu juga dapat menggunakan4 set Soul Holy Flame yang dapat memulihkan 15% HP ketika turn jika HP-nya tinggal 30%.
Holy Flame sangat cocok dengan salah satu Skill Zashiki yang memberikan tambahan HP kepada temannya tetapi HP-nya malah berkurang karena hal itu. maka Holy Flame akan membantu menutupi kekurangan tersebut.



Zashiki adalah pilihan yang amat sangat tepat apalagi dipadukan dengan 4 set Soul Azure Bazan yang dapat memberikan 3 orbs di awal battle.

Yah, jujur saja saya tidak pernah menggunakannya, tetapi dari komentar yang saya baca, Shikigami yang satu ini bagus sebagai penambah orbs dan juga dapat memulihkan HP temannya.

Jika menggunakan Zashiki, kalian dapat fokus pada SPD dan HP.


BTW skinnya imut parah!


Itulah 5 Shikigami R yang patut kalian pertahankan versi saya.
Sebenarnya saya belum terlalu ahli dalam game ini dan lagi saya ga terlalu pintar bahasa Inggris, jadi jika ada kesalahan dalam memahami, mohon koreksinya #ihiiii

Dan lagi, apakah saya pernah mengatakan kalau game ini adalah game yang amat sangat saya sukai, game favorit saya sepanjang masa?!

Comments

Popular posts from this blog

Fakta 'Ciel Phantomhive' Black butler

Beberapa waktu yang lalu saya dibuat tertarik oleh sebuah status di akun fesbuk yang menyatakan bahwa, “ Ciel Phantomhive sejak awal telah meninggal dunia dan yang mengikat kontrak dengan Sebastian Michaelis bukanlah Ciel melainkan saudara kembar Ciel ” Hal tersebut sontak membuat saya  shock dan benar-benar tak mempercayainya, bagaimana mungkin? Tahu darimana? Rasanya tidak ada pengungkapan hal tersebut di komiknya ataupun anime, tapi setelah dijelaskan sumbernya, saya baru menyadarinya. MEMANG tidak dijelaskan secara gamblang, tapi dijelaskan dengan cara yang sangat lihai oleh Yana Toboso-sensei. YA! DIJELASKAN SECARA TIDAK LANGSUNG dan kalau TIDAK TELITI dan KRITIS ketika membacanya pasti akan terkecoh dan mengabaikannya. Saya termasuk orang yang mengabaikannya, soalnya saya terbiasa membaca komik sederhana yang tidak terlalu memiliki banyak misteri, saya tak menyangka kalau Kuroshitsuji/Black Butler memiliki 'misteri dalam misteri' seperti ini hingga saya menjadi

Nobar One Piece

Jadi, ceritanya Padang lagi dapat tempat hiburan baru sejenis bioskop. Dan kehadian bioskop yang satu ini bikin  wibu  Sumbar bersorak gembira karena akhirnya kami bisa nonton movie  Anime  di bioskop. Ga perlu lagi gigit jari liatin orang-orang dari kota lain pamerin tiket nonton. Hal yang juga membahagiakan adalah ketika movie One Piece terbaru masih ditayangkan. Sehingga, komunitas One Piece di Padang ditawarkan untuk mengadakan   nobar .  Salah satunya adalah Kopi-RP (komunitas one piece Indonesia- regional padang). Tetapi karena anggota aktif kami tidak cukup untuk memenuhkan satu studio, akhirnya nobar tersebut dibuka untuk umum. Awalnya agak pesimis bakal bisa ngumpulin 101 orang untuk diajak nonton, ternyata hanya dalam 2 hari, tiketnya habis. Ternyata banyak peminatnya, bahkan ada OpLovers yang datang dari Bukittinggi dan Payakumbuh. Ga sia-sia sih selama ini menutup mata dan telinga dari segala spoiler yang meraja lela. Akhirnya bisa nonton langsung d

Balada Anak Tunggal: Lagu Baperan

“Eh, kamu anak tunggal? Waaaaah….. nggak nyangka, enak banget tuh!” “Cieee anak tunggal, pasti dimanja!” “Anak tunggal? Enaknyaaaaaaaa” Rata-rata saat saya bilang kalau saya anak tunggal, tanggapannya pasti gitu. Iya sih, enak banget jadi anak tunggal, semua perhatian dan kasih sayang orangtua cuma buat kita seorang. Minta apapun dibeliin, dan yang pasti nggak ada yang namanya barang kita dirusak atau dipinjem adik/kakak. Tapi mereka nggak tahu aja sih, kalau tiap mereka cerita tentang kakak cowok yang bikin mereka kesal sekaligus merasa terlindungi atau tentang adik masing-masing, saya adalah pihak yang hanya mendengarkan dan merespon seadanya tanpa bisa bilang, “I know that feel cz my brother blab la bla…” dan ikutan cerita kayak mereka juga. Hal itu nggak bakal pernah terjadi. Tapi lupakan masalah itu, sebab untuk kali ini saya mau bilang bahwa beberapa minggu ini lagi kepincut sama sebuah lagu, lagu minang tepatnya. Judulnya ‘nasib diri’ yang dipopulerkan oleh P