Skip to main content

Anime Terbaru Paling Berkesan

Sebelumnya, saya ingin mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada semua umat muslim di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Salam damai!

Beberapa waktu ini Indonesia diresahkan oleh serangan teroris, bom bunuh diri, pembunuhan, dan segala macam hal yang mengatas-namakan Jihad. Oh, ya ampun. Jihad? Pembunuhan orang yang tidak bersalah disebut jihad? Haduh… Robby, Robby! Saya mencium aroma iblis di sini!

Tetapi sudahlah, tak patut juga hal itu saya bahas di sini. maka dari itu, kali ini saya akan membahas sebuah anime yang amat sangat berkesan bagi saya beberapa waktu terakhir ini:

1. Made in Abyss



Ini anime summer 2017. Anime adventure-fantasy. Awal anime ini rilis, saya sama sekal tidak tertarik bahkan ketika di TL banyak yang bilang bahwa Made in Abyss memiliki cerita yang menakjubkan. Soalnya, dari cover terlihat chara chibi yang moe-moe. Sebagai tipikal yang tidak terlalu menikmati chara moe, tentu saya tidak yakin kalau akan menakjubkan juga dari sudut pandang saya. Namun, ketika ada ulusan tentang anime ini dan mereka bilang kalau sekali nonton satu episode maka akan ketagihan, saya pun tertantang untuk membuktikannya.

Dan ternyata…

BENAR SEKALI SODARA-SODARA!
Made in Abyss berhasil menghipnotis saya sejak episode pertama. Ternyata, dibalik tokoh yang super imut dan mungil, tersimpan cerita yang begitu kelam.

Anime ini bercerita tentang sebuah tempat yang terdapat lubang besar dan dalam yang bernama Abyss. Belum ada yang berhasil mengukur kedalamannya sebab setiap ada yang memasukinya semakin dalam, maka dia tidak akan bisa kembali. Oleh karena itu, para penjelajah yang meneliti Abyss, terus mencoba menelitinya tingkat demi tingkatan dan setiap tingkatan memiliki bahaya yang berbeda-beda.

Di dalamnya ada hewan buas atau monster, lingkungan yang misterius, bahkan efek jika memasuki Abyss semakin dalam akan mempengaruhi tubuh. Semakin jauh masuk kedalam, akan semakin berbahaya.

Cerita ini berputar pada tokoh Riko yang mendapat surat dari ibunya yang merupakan penjelajah legenda yang mengatakan, bahwa ia menunggu Riko di dasar Abyss. Lalu Riko juga bertemu robot anak-anak yang bernama Reg—dia masih misterius hingga anime ini habis, sebab menurut dugaan Reg berasal dari dasar Abyss. Namun ia tidak ingat siapa dirinya.
Perjalanan Riko ke dasar Abyss ditemani oleh Reg. lalu diperjalanan mereka akan bertemu Nanachi dan Mitty. Kisah Nanachi dan Mitty memiliki efek yang bisa membuat galau dan hati remuk redam #halah

Seriusan, deh. Anime ini benar-benar diluar ekspektasi saya. Saya tidak menyangka kalau anime dengan tokoh mungil imut menggemaskan bisa membuat saya merasakan banyak hal. Rasa penasaran, takjub, galau, bahagia, bahkan ngeri sekaligus.


2. Violet Evergarden
Anime winter 2018. Masih cukup segar. Bergenre Drama, fantasy.


Anime ini bercerita tentang gadis cantik bernama Violet yang dikenal sebagai ‘senjata’ dan bertingkah seperti robot. Ia tidak memiliki perasaan seperti manusia pada umumnya. Kekuatan tempurnya juga tinggi, begitu kuat dan lincah walaupun masih anak kecil.

Setelah perperangan usai, Violet bekerja sebagai ‘Boneka Pengingat Otomatis’. Sebuah pekerjaan untuk jasa menulis surat. Mereka harus memahami perasaan pelanggannya agar dapat membuatkan surat tersebut. Sebagai orang yang sulit memahami arti sebuah perasaan, Violet mulai belajar dalam memahami perasaan seseorang. selain itu, ia juga ingin memahami makna dari kata yang disampaikan oleh orang yang telah memberinya nama (saya lupa namanya, Violet biasanya memanggilnya ‘Mayor’).

Violet ingin memahami makna dari kalimat, “Aku mencintaimu” yang disampaikan sang Mayor saat sekarat di medan perang.

Menurut saya, ini anime yang sukses membuat saya menangis di setiap episodenya. Mulai dari yang pertama hingga ending. Selain baper karena kisah cinta violet, saya juga dibiki baper dengan kisah orang-orang yang menyewa jasa Violet untuk menuliskan sebuah surat.

Ada banyak cerita tentang kasih sayang, pengorbanan, dan kesetiaan di sini dan sikap Violet yang semakin harinya semakin berubah menjadi sosok manusia yang memiliki dan mampu memahami perasaan seseorang, menjadi sangat indah di cerita ini.

Saya nonton ini marathon semalaman suntuk. Dan esok paginya mata sukses bengkak karena terus-terusan mewek.

Beneran, deh. Ini tipe cerita favorit saya banget dan ga sabar menunggu season keduanya.

Duh, pokoknya keindahan anime ini ga bisa diungkapkan dengan kata-kata. Mending kamu, iya kamu... Coba aja nonton dulu. Kali aja suka. Tapi jangan pas puasa, ntar kalau hatimu tersentuh dan akhirnya mewek, ntar puasanya batal. Ehe.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Fakta 'Ciel Phantomhive' Black butler

Beberapa waktu yang lalu saya dibuat tertarik oleh sebuah status di akun fesbuk yang menyatakan bahwa, “ Ciel Phantomhive sejak awal telah meninggal dunia dan yang mengikat kontrak dengan Sebastian Michaelis bukanlah Ciel melainkan saudara kembar Ciel ” Hal tersebut sontak membuat saya  shock dan benar-benar tak mempercayainya, bagaimana mungkin? Tahu darimana? Rasanya tidak ada pengungkapan hal tersebut di komiknya ataupun anime, tapi setelah dijelaskan sumbernya, saya baru menyadarinya. MEMANG tidak dijelaskan secara gamblang, tapi dijelaskan dengan cara yang sangat lihai oleh Yana Toboso-sensei. YA! DIJELASKAN SECARA TIDAK LANGSUNG dan kalau TIDAK TELITI dan KRITIS ketika membacanya pasti akan terkecoh dan mengabaikannya. Saya termasuk orang yang mengabaikannya, soalnya saya terbiasa membaca komik sederhana yang tidak terlalu memiliki banyak misteri, saya tak menyangka kalau Kuroshitsuji/Black Butler memiliki 'misteri dalam misteri' seperti ini hingga saya menjadi

Nobar One Piece

Jadi, ceritanya Padang lagi dapat tempat hiburan baru sejenis bioskop. Dan kehadian bioskop yang satu ini bikin  wibu  Sumbar bersorak gembira karena akhirnya kami bisa nonton movie  Anime  di bioskop. Ga perlu lagi gigit jari liatin orang-orang dari kota lain pamerin tiket nonton. Hal yang juga membahagiakan adalah ketika movie One Piece terbaru masih ditayangkan. Sehingga, komunitas One Piece di Padang ditawarkan untuk mengadakan   nobar .  Salah satunya adalah Kopi-RP (komunitas one piece Indonesia- regional padang). Tetapi karena anggota aktif kami tidak cukup untuk memenuhkan satu studio, akhirnya nobar tersebut dibuka untuk umum. Awalnya agak pesimis bakal bisa ngumpulin 101 orang untuk diajak nonton, ternyata hanya dalam 2 hari, tiketnya habis. Ternyata banyak peminatnya, bahkan ada OpLovers yang datang dari Bukittinggi dan Payakumbuh. Ga sia-sia sih selama ini menutup mata dan telinga dari segala spoiler yang meraja lela. Akhirnya bisa nonton langsung d

Balada Anak Tunggal: Lagu Baperan

“Eh, kamu anak tunggal? Waaaaah….. nggak nyangka, enak banget tuh!” “Cieee anak tunggal, pasti dimanja!” “Anak tunggal? Enaknyaaaaaaaa” Rata-rata saat saya bilang kalau saya anak tunggal, tanggapannya pasti gitu. Iya sih, enak banget jadi anak tunggal, semua perhatian dan kasih sayang orangtua cuma buat kita seorang. Minta apapun dibeliin, dan yang pasti nggak ada yang namanya barang kita dirusak atau dipinjem adik/kakak. Tapi mereka nggak tahu aja sih, kalau tiap mereka cerita tentang kakak cowok yang bikin mereka kesal sekaligus merasa terlindungi atau tentang adik masing-masing, saya adalah pihak yang hanya mendengarkan dan merespon seadanya tanpa bisa bilang, “I know that feel cz my brother blab la bla…” dan ikutan cerita kayak mereka juga. Hal itu nggak bakal pernah terjadi. Tapi lupakan masalah itu, sebab untuk kali ini saya mau bilang bahwa beberapa minggu ini lagi kepincut sama sebuah lagu, lagu minang tepatnya. Judulnya ‘nasib diri’ yang dipopulerkan oleh P